Rabu, 10 Maret 2010

upaya Green School ala Pak Edy Wee


PAtut di contoh...!!! Guru yang satu ini adalah sosok yang tidak asing lagi di telinga setiap warga SMAN 11 Yk, atas sikap Beliau yang lucu, terbuka, apa adanya, ga' jaim, dan ramah, kepada siapaaa saja, termasuk PAk Bambang,kepala sekolah tahun 2010 ini, bahkan kepada Ibu Rini Wulandari, M.M (kepsek SMAN11 sebelumnya), sampai-sampai memanggil Ibu Rini dngan sebutan 'Simbok',, sungguh aneh.
Kepada Staff TU (Pak Saidi, Bu Ismi, pak Eko, dsb), kepada PAk Anshori (pembuat teh untuk semmmua stuff dan karyawan, pembawa kunci gerbang masjid), kepada pak Miftah dan Pak Digdoyo (Pak Edy tak pernah absen berada di ruangan pak miftah, adaaa aja tingkah Beliau yng menggelitik..

Sebelum masuk ke topik utama, saya tertarik untuk bercerita tentang sedikit biografi Pak Edy (yang mungkin belum ada seorang pun mempublikasikan biografinya ).
Namanya PAk Edy W.H.I. Beliau pengampu pelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 11 Yk. Tempat tinggalnya berada di sekitar Candi Prambanan, Kalasan sana. Setiap kali masuk kelas, adaa saja cerita, anecdote, lawakan, yang beliau ceritakan, bahkan yang menyimpang sekali pun dari materi belajar. Selaluu saja kami dibuatnya tersenyum,,sampai tertawa terbahak-bahak. Gaya mengajarnya juga nyentrik, beda dari yang lain..Baru kali ini saya menemui guru yang 'nyantai' seperti ini.

Di balik tingkah yang lucu itu, ternyata acap kali beliau ikut sumbangsih dalam penertiban siswa untuk memakai ikat pinggang dan kaos kaki panjang. Kalau ada siswa yang ketahuan, Beliau akan menghukum 'di tempat', tak tanggung-tanggung. JAdi hati-hati !! Ketegasan dan kelucuannya, membawa beliau pada taraf 'sahabat' untuk siswa.

Dalam kesempatan MOP (MAsa Orientasi Pelajar) th 2009 di Nespaloka (Negeri Sebelas Paling Lor Ngayogyakarta) kemarin, beliau menyempatkan memberi teladan yang cemerlang dan nyata..Beliau berusaha keras mengumpulkan puntung rokok di pot tanaman, tepatnya di depan eks.ruang Pak Miftah, tempat koran BERNAS JOGJA (sekarang). Usaha kerasnya, tidak lain, tidak bukan adalah untuk menghilangkan jejak, bahwa beliau adalah perokok sejati'. Itu semua adalah upaya pertanggungjawaban beliau...Begitu katanya, tentunya dengan bercanda, waktu itu...

2 Comment:

onlyzhel`s 10 mengatakan...

kepala sekolah tahun 2010 ini, bahkan kepada Ibu Rini Wulandari, M.M (kepsek SMAN11 sebelumnya), sampai-sampai memanggil Ibu Rini dngan sebutan 'Simbok',, sungguh aneh.
kog bs dipanggil simbok e?

Yuniva Tri Lestari mengatakan...

hehehe....kata pak edi begitu.....simboknya pak edy b.indonesia...biasa bapak yang aneh..hihi